Website Resmi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten

RAIMUNA Nasional By Ridwan

Raimuna nasional
Hallo Salam Pramuka, Perkenalkan nama saya Sidiq Ridwan Rahmad Hidayat biasa di panggil dengan Kak Ridwan, Supaya lebih akrab Kita Manggilnya Kakak Saja ya. Oke Kakak di sini mau menceritakan pengalaman kakak, kali ini pengalaman kemah di Jakarta. Memang ya sedikit aneh ya, Ibu kota Negara kok di pakek buat kemah, tapi jangan salah sangka dulu ya, kemah di Jakarta ternyata asik juga lho, walau panas sih, tapi adem juga kok, kalo malem, hehehe… :v. Oke, langsung aja ya, dulu ya ketika tanggal 15 April 2017 akan di adakan Seleksi calon peserta Raimuna Nasional di Sanggar Bhakti Gerakan Pramuka Klaten, waktu itu memang perlu perjuangan yang keras agar dapat masuk seleksi, karna seleksinya tidak hanya teori saja tetapi juga tes fisik, waktu dulu yang di ujikan tes fisik lari, push up dan sit up, alhamdullilah berkat usaha yang keras tes fisik dan teori bisa lolos. Waktu dulu yang dikirim dari SMA kita ada 2 Aku dan Kak Ika Safira Natalia. Lanjut ya, selesai seleksi tiba waktunya setelah di tunggu tunggu akhirnya alhamdullilah dua kan didat dari SMA N 1 Karangdowo bisa lolos . seperti dalam sejarah SMA kita, baru tahun ini sekolah kita kuat mengirim dua orang, karna tahun tahun sebelumya cuman mengirim satu orang saja, karna 5 tahun yang lalu ketika tahun 2012, kegiatan Raimuna ketika itu di selenggarakan di Jayapura Papua, waktu itu yang mewakili sma kita namanya Kak Candra
Setelah pengumuman kegiatan yang kita lalui selama berbulan bulan adalah Training Center biasa di sebut TC atau bahasa indonya Latihan, latihan demi latihan kita lalui bersama, susahy sedih kita lewati tiba akhirnya kita pamitan, untuk pamitan kita dulu Berpamitan dengan Orang tua, lalu dengan perangkat pemerintahan di gedung Pemkab dan tiba akhirnya diberangkatan, waktu itu diberangkatkan dari Klaten tgl 11 Agustus 2017 dan sampai di Jakarta dan lebih tepatnya di Buperta Wiladatika Cibubur pada tanggal 12 Agustus 2017.
Raimuna sendiri itu apa to?....
 Riamuna Nasional atau lebih dikenal dengan Rainas adalah event nasional yang di selenggarakan oleh kwarnas, kegiatan ini merupakan pertemuan pramuka tingkat penegak dan pandega.
Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu "Rai" dan "Muna". "Rai" berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan "Muna" adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.
Lanjut Untuk kegiatan tanggal 12 waktu itu harinya sabtu, kegiatanya menyesuaikan dengan kondisi di daerah tersebut dan mendirikan tenda, tenda yang kakak pakek adalah tenda dom yang muat 3 orang saja, karna jumlah peserta yang dikirim dari Klaten ada 12 Putra dan 12 Putri, jadi total tenda dom yang di bawa oleh kontingen klaten ada 10 sisa 2 untuk tenda darurat. Dan 12 orang itu dibagi menjadi dua umpi 1 umpi terdiri dari 6 orang.
Tapak perkemahakan antara Camp Putra dengan Camp Putri memang sih terbilang agak jauh, kisaran 5 Km juga ada, karna Buperta Cibubur itu sendiri sangat luas kisaran 230 Ha tapi itu dulu karna ada proyek jalan Tol jagorawi jadi 210 Ha. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur (Buperta Cibubur) adalah kawasan perkemahan yang terdapat di Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Kawasan ini memiliki luas 210 hektar dan sudah berkali-kali menjadi lokasi pelaksanaan Jambore Nasional sejak tahun 1973. Buperta Cibubur dibangun di kawasan yang sebelumnya merupakan hutan karet. Pihak pengelola juga bekerja sama dengan TNI AD dan TNI AU dalam pengelolaan Buperta Cibubur. Di Buper ini sendiri terdapat juga Landasan pacu dengan panjang kisaran 1.000 m berguna untuk latihan Saka Dirgantara dan juga dilengkapi dengan danau dengan nama danau jambore.
Lanjut ya untuk kegiatan Hari Minggu yaitu tanggal 13 Agustus adalah Giat Khusus, jadi di giat khusus ini para peserta Rainas seperti kakak akan di kasih tugas, tugas nya adalah membuat lukisan dan kebetulan untuk lukisannya sudah ditugaskan dari kontingen lain karna ini membuatnya perprovinsi se Indonesia, yang kami buat dulu lukisan yang berlatar candi prambanan. Dan Malamnya
dalah Pensi, untuk pensi sendiri di isi Oleh Band Top Indonesia Nama bandnya adalah Nidji, sungguh fantastis, karna bisa melihat band sekelas Nidji tanpa mbayar Tiket.
Next, untuk kegiatan Hari Senin tgl 14 adalah Ceremony Upacara Pembukaan, jadi kita semua berkumpul di lapangan utama mengenakan sragam SPL, waktu itu acara pukul 07.00WIB sudah dimulai, untuk acara Ceremony Pembukaan ini seperti agak istimewa, karna selain bersamaan dengan upacara HUT PRAMUKA yang ke 56 acara ini di hadiri para menteri cabinet Presiden, para petinggi Negara dan Pak Presiden, Bapak Joko Widodo. Dan juga di Siarkan Live Streaming oleh TVRI.
Selanjutnya untuk Hari Selasa tgl 15 adalah Rover Chalangce untuk kegiatan ini adalah Water Activity, jadi kita bermain air di danau Jambore. Jarak tapak perkemahan dengan waduk jamboree kisaran ±5km juga ada, tetapi tidak mengapa, memang sih jauh tapi akan terbayar dengan keseruan permainan yang ada, permainannya meliputi Water Softgun dan Voly Air. Kalo Water Softgun ini permainan seperti anak kecil, main tembak – tembakkan dengan pistol air. Permainan ini menggunakan strategi karna mainnya beregu. Voly Air ini tidak seperti permainan bola Voly biasa melainkan menggunakan Balon yang di kasih air dan di lemparkan menggunakan karung dengan kawan lain.
Tgl 16 Hari Rabu kegiatan saya adalah GDV, GDV adalah Grand Development Village yang kegiatanya isinya tentang hal – hal yang bisa merubah Global, seperti contoh Demografi Penduduk, Teknologi Pertanian, Teknologi Teapat Guna, Teknologi Drone, Revolusi mental maupun yang lainya, tetapi yang saya ikuti cuman, Demografi Penduduk 2020, Teknologi Hemat energy, Pencegahan Kebakaran di Hutan, dan Soft Skils. Untuk Kegiatan yang Demografi Penduduk Isinya tentang Mengenai Kependudukan di Indonesia, jumlah penduduk di Indonesia, dan tantangan kaum muda untuk masa depan Indonesia, jadi di tahun ini sampai seterusnya MEA atau lebih dikenal dengan masyarakat ekonomi asean akan terus berkembang. Yang di maksud adalah kita bisa bekerja di luar negeri tetapi orang luar negeri pun juga bisa bekerja di dalam
negeri, tantangan kaum muda di era global pada saat ini adalah tentang pasar bebas dan tenaga pekerja dari luar negeri jadi kita jangan sampai menjadi babu di negeri sendiri itulah pesan yang saya dapatkan di Post Bonus Demografi Penduduk 2020, lanjut ke Pos Teknologi Hemat energy, untuk di pos ini pesan yang saya daptkan adalah untuk lebih menghemat energy, seperti mematikan barang elektronik yang tidak di pakai, mematikan lampu, tv, atau barang lain yang tidak terpakai. Mengganti lampu bohlam/neon ke lampu LED, lampu LED lebih murah, selain itu efesiensi daya listriknya lebih sedikit dan memancarkan cahaya yang lebih terang. Next di Pos Pencegahan Kebakaran Hutan, di Pos ini pesan yang di saya ambil adalah sebagai kaum muda kita harus mencegah kebakaran Hutan, karna secara tidak sengaja kita Indonesia telah berbuat dosa tak kala kebakaran hutan sedang melanda di negeri Indonesia, karna kebakaran hutan ini berdampak ke negera tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura. Lanjut ke Pos Soft Skils, di Soft Skils ini di pandu oleh Kakak kakak dari Organisasi Uni Papua Football Club yang berasal dari tanah papua. Hal atau pesan yang saya ambil adalah, apa persamaanya Sepak Bola dengan Pramuka, persamaanya adalah sama sama mengajarkan kita arti kedisiplinan, arti kebersamaan, arti kekompakan, dan memecahkan masalah secara bersama, karna di pos ini kita di latih untuk lebih ke soft skils seperti contoh kita di kasih bola sepak, dan bagaimana caranya bola itu bisa berpindah tempat tapi kita tidak boleh menendangnya dan kita harus memindahkan nya bersama. Nha seperti itulah bntuk soft skilsnya. Cara dengan memegangnya bersama sama.
Selesai kegiatan GDV karna waktu udah sore saya pun balik ke Camp, dan pagi harinya kegiatanya adalah Upacara 17 Agustus, upacara di laksanakan di lapangan Upacara dekat panggung utama. Upacara ini sangat meriah karna saya baru kali ini merasakan upacara dengan peserta Pramuka terbaik dari seluruh Indonesia. Sangat meriah memang di upacara ini karna juga bertepatan dengan tanggal 17 Agustus Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 72, di Upacara ini juga Diliput Live Oleh Kantor Berita CNN yang ditayangkan di TV Channels Trans|Tv selain itu juga di siarkan di kantor berita seperti di Metro Tv dan TVRI. Dan selesai kegiatan Upacara 17 an adalah Lomba antar Kontingen cabang, wah seru sekali karna lomba ini kita
bisa merasakan perlombaan yang pesertanya dari sabang sampai merauke. Ada lomba balap sambil duduk, lomba sepak bola, dan lomba panjat pinang. Dan sayang sekali baru sekali main langsung keok dengan kontingen lain. Kalo lomba fisik yang unggul adalah dari kontingen Papua karna orangnya kuat kuat dan tangkas Dan kegiatan malamnya dalah Pensi, Untuk Pensi kali ini di Isi oleh Group Band Kondang dari Ibu Kota yaitu Kikan, lagu yang tersohor adalah Benderaku. Pas Banget dengan Susana kemerdekaan RI yang ke 71 tahun. Nama kegiatan ini adalah Malam Refleksi Kebangasaan. Malam refleksi kebangsaan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus pukul 20.00-23.00 WIB. Dalam acara ini seluruh peserta berkumpul di lapangan utama. Dalam acara ini dilakukan penerbangan lampion dan dimeriahkan oleh Kikan. Acara ini bertujuan untuk merayakan HUT RI Ke-72 dan membangkitkan nasionalisme dan patriotisme peserta Raimuna Nasional XI 2017.
Untuk Kegiatan hari Jum’at adalah Tour, kegiatan yang di tunggu – tunggu. Kegiatan Tour berkunjung ke Monumen Nasional. Di Monas kita bisa melihat sejarah kemerdekaan Republik Indonesia dari Zamannya Pak Karno. Dan kita juga di kasih tau tentang Teks Proklamasi yang Asli dan masih tersimpan di monument nasional. Dan kegiatan Sore hari adalah Bebas jadi kita bisa meraskan kegiatan lain seperti Rover Challangce Warior, mencari teman untuk bertukar bed, atau untuk berkunjung ke Pasar Rakyat Rainas untuk berbelanja pernak pernik rainas. Tetapi aku mencoba ikut kegiatan Rover Challangce Air Soft Gun, jadi permainan ini sangat menantang, karna kita berlatih bertempur dengan memakai Senapan Laras Panjang, Cuma ini memakai angin, bukan Api. Pelurunya terbuat dari Plastik berbentuk Lingkaran putih, tetapi kalo mengenakan wajah, weeh,,, sakit juga ternyata.  tapi tenang aja ya, ini aman kok, memakai APD alat Pelindung diri seperti Masker Wajah, Jaket Armor dan kacamata pelindung.
Setelah bermain Airsoft gun saya dengan teman – teman saya yang lain mengunjungi Stand Satuan karya atau lebih dikenal dengan SAKA, seperti Saka Bahari, Saka Dirgantara, Saka Taruna Bumi. Setelah berkunjung ke stand aku berkunjung ke GDV ke tempat Soft Skils Uni Papua untuk mengambil Hadiah, alhamdullilah Post yang aku Unggah ke Instagram ternyata di perhatikan juga
oleh kakak kakak dari Uni Papua dan saya Pun di Kasih Bola Magic oleh kakak – kakak. Untuk malamnya adalah Pensi antar daerah, jadi kita melihat seni daerah dari provinsi lain se Indonesia.
Dan kegiatan ter akhir di tanggal terakhir tgl 19 Hari Sabtu adalah Korve atau jaga tenda. Sudah capek berkegiatan dan alhamdulilah dapet korve, jadi bisa istirahat sambil buat makanan untuk rekan –rekan yang lain. Untuk kegiatan sorenya adalah Beres – beres tapak perkemahan dan di bawa ke tapak perkemahan putrid selanjutnya di bawa ke Bis untuk di kemas, karna dari kontingen saya kita jadwal kan hari sabtu sudah berkemas – kemas. Selesai berkemas kemas malamnya kita bisa bebas melihat Konser. Kali ini kita melihat Konser band J-Rock band yang keren dan kece. Sangat fantastis dan menghibur. Selesai melihat Konser dan sudah pada capek lanjut untuk menuju ke BIS dan meninggalkan Arena Buper Wiladatika Cibubur. Dan kita berkunjung ke kampung Halaman ke Kab. Klaten.
Tag : BERITA
Back To Top